TUTORIAL ANIMASI DI BLENDER
Pada postingan hari ini, saya ingin membuat sebuah animasi sederhana dengan menggunakan aplikasi Blender 3D. berikut adalah langkah - langkahnya :
Langkah pertama adalah membuat object terlebih dahulu, disini saya menggunakan object cube, lalu saya mengatur arah kamera agar terlihat dari bagian depan.
Lalu ubah tampilan cube agar menjadi seperti oval dengan cara pilih object yang ada disebelah kanan yaitu object modifiers. Lalu akan muncul seperti gambar diatas pilih Subdivision Surface lalu bentuk akan berubah seperti gambar diatas.
Lalu ubah view = , render = 2 agar terlihat mulus dan tidak patah-patah pada setiap bagian sisinya, lalu di apply agar menjadi lingkaran seperti gambar diatas.
Lalu pilih pada Smooth pada object sebelah kiri, lalu object akan seperti gambar diatas setelah itu ubah object mode menjadi Edit Mode lalu pilih extrude Tarik object agar berbentuk oval kebawah atau hamper seperti gambar telur, lalu akan seperti gambar diatas setelah ditarik.
Lalu lengkungkan beberapa bagian object dengan scale agar berbentuk setengah kotak pada ujung bagian atas dan bawahnya.
Setelah itu ubah lagi menjadi object mode lalu di apply agar object menjadi satu. Lalu Scale lagi agar object semakin Panjang atau terlihat sperti badan.
Lalu pilih subdivision surface kembali agar terlihat lebih jelas dan di geser menyamping agar lebih pipih. Arahkan kamera kedepan.
Lalu setelah itu ubah object mode menjadi edit mode kembali lalu ubah snapping menjadi vertex maka tampilan akan titik-titik setiap facenya. Lalu ubah lagi menjadi face.
Lalu untuk membuat mata pada object adalah blok setiap kotak disini saya untuk satu mata menggunaka 6 blok kotak, apabila sudah langsung di extrude dan Tarik sesuai dengan garis menggunakan G+X agar mata ketarik kearah depan.
Apabila sudah maka object akan seperti gambar diatas dari tampilan depannya. Lalu ubah snapping menajdi vertex untuk menarik setiap sisi ujungnya.
Bila sudah, setiap sisi ujung mata di blok yang bagian atasnya terlebih dahulu, lalu Tarik keatas agar sisi bagian atas melengkung, lalu ulangi untuk bagian bawahnya agar mata terlihat natural.
Lalu untuk membetuk bagian hidung juga sama seperti langkah 11, tetapi bagian hidung ubah terlebih dahulu bagian snapping menjadi face bila sudah extrude bagian hidung dan Tarik ke sisi depan agar terlihat 3D.
Lalu untuk membentuk bagian telingan pada object ubah dulu menjadi mirror agar bisa meratakan bagian kanan dan kiri dari telinga. Dengan di Tarik kearah bawah.
Setelah itu buat kaki dari object dengan memblok setiap face object di bagian bawah disini saya mengambil satu-satu dari setiap kanan dan kiri kaki lalu di extrude dan ditarik sesuai dengan sumbu z dan di Tarik kebawah.
Pada gambar diatas untuk membuat telapak kaki dari object sama seperti langkah-langkah sebelumnya hanya saja ditarik kedepan agar terlihat seperti kaki.
Untuk membuat tangan pada object juga sama seperti mebuat kaki hanya di extrude dan di Tarik sesuai dengan sumbunya yaitu sumbu y.
Lalu ubah edit mode menjadi object mode maka tampilan object animasinya akan terlihat seperti diatas masih polos dan belum memiliki texture.
Untuk membuat texture pada animasi dengan cara pilih context material lalu pilih image texture.
Lalu pilih tanda + lalu pilih new lalu pilih base color pada object yang ingin diberi warna dengan memblok setiap bagiannya. Disini saya menggunkan warna yellow sesuai dengan animasi aslinya. Dan untuk bagian mata juga mulut saya memberi warna black, white, dan red.
Lalu tampilan object akan seperti gambar diatas, setelah itu akan masuk kebagian riging dimana dengan cara Shift+A lalu pilih Armature => Single Bone.
Lalu akan muncul gambar tulang seperti diatas lalu lihat di sebelah kana nada display lalu pilih octahedral lalu centang bagian x-ray agar bisa mengatur penempatan tulang dan bisa tetap terlihat.
Lalu tempatkan tulang utama di tengah-tengah lalu untuk selanjutnya ekstrude tulang utama dan tempatkan di setiap tulang baru dengan ctrl + e seperti gambar diatas.
Apabila sudah lalu klik object dan ubah object Mode menjadi pose mode maka akan muncul seperti gambar diatas.
Lalu untuk menjadikan object diatas menjadi animasi dengan cara ubah Default pojok atas menjadi Animation lalu tampilan akan berubah seperti gambar diatas.
Setelah itu Tarik garis ijo diatas dan geser agar posisinya ada di angka 0. Lalu gerakan object sedikit demi sedikit agar terliaht lebih natural dan seperti bergerak secara alami. Pertama – tam untuk bagian tangan, angkat sedikit object dibagian tangan lalu apabila sudah save setiap bagian dengan cara gunakan shortcut I => LocRotscale .
Setelah itu ulangi berapa kali langkah diatas hingga object bergerak secara perlahan, dan selalu memindahkan timeline agar setiap object bergerak ada waktu yang dipakai. Disini saya selalu mengganti gerakan di setiap 5 detik agar object bergerak dengan sempurna.
Saat sudah selesai membuat pergerakan animasi objectnya, pada menu samping kanan pilih yang berlogo kamera lalu scroll sampai ke bagian output. Disini ganti dulu jenis format outputnya nanti menjadi Avi JPEG agar hasilnya nanti menjadi video animasi. Jika sudah selanjutnya tekan ctrl + f12 agar render dimulai. Tunggu beberapa waktu hingga render animasinya selesai.
Komentar
Posting Komentar