MAKALAH PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

 

TUGAS MAKALAH

 PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

KONSEP DASAR BISNIS INFORMATIKA dan PROSPEK BISNIS di

BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

 



Disusun Oleh :

1.      Aditya Cahya Putra                    (50417165)

2.      Afni Restiana Putri D                (50417237)

3.      Andri Adiansyah                        (50417724)

4.      Henry Stephanus S                     (52417737)

5.      Ignasius Dewanto Indra J           (52417816)

6.      Ressa Adelia Puspita T               (55417064)

7.      Taufan Priambudi                      (55417898)

 

4IA18

TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA

2020


KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan anugrah dari-Nya. Kami dapat menyelesaikan makalah tentang Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi. Makalah ini dibuat sebagai penilaian atas tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika.

            Kami sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan makalah yang menjadi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika, dengan judul Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi. Disamping itu, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Ibu Dosen Wiwied Widyaningsih yang telah memberikan arahan kepada kami dalam pembuatan makalah ini sehingga dapat terealisasikanlah makalah ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kami sadar, makalah yang kami buat ini masih banyak terdapat kekurangannya. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca terhadap makalah ini agar kedepannya dapat kami perbaiki menjadi yang lebih baik lagi

 

 

Bekasi, 9 Oktober 2020

 

 

Tim Penyusun

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR.. i

DAFTAR ISI. ii

BAB I PENDAHULUAN.. 1

       1.1  Latar Belakang. 1

       1.2  Batasan Masalah. 2

       1.3  Tujuan Penulisan. 2

BAB II PEMBAHASAN.. 3

       2.1  Definisi Umum.. 3

              2.1.1 Bisnis. 3

              2.1.2 Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 4

              2.1.3 Bisnis Informatika. 4

       2.2  Jenis Bisnis Informatika. 4

       2.3  Perkembangan Bisnis Informatika Di Indonesia dan Dunia. 5

BAB III PENUTUP. 8

       3.1  Kesimpulan. 8

DAFTAR PUSTAKA.. 9

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Pada saat ini kita hidup di era modern, semua hal dalam kegiatan kita sehari-hari tidak bisa terlepas dari teknologi, seperti menonton baik dengan tv, laptop ataupun hp, membayar tagihan bulanan (listrik, telepon, internet) dan kegiatan lain-lainnya. Begitu banyak kemudahan-kemudahan dan manfaat dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita peroleh. Kemajuan teknologi juga banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis dalam menjalankan perusahaan-perusahaan mereka untuk mempromosikan dan menjual produknya, sehingga memperoleh keuntungan. Dan saat ini yang sangat dirasakan manfaatnya adalah kemudahan dalam berbelanja, dengan adanya bisnis online shop, proses jual beli menjadi sangat mudah, kita tidak perlu lagi harus repot-repot pergi ke pertokoan untuk mendapatkan produk yang diinginkan, cukup dengan modal hp dan jaringan internet saja, maka kita sudah dapat berbelanja segala kebutuhan kita. Selain efisien waktu, biaya yang dikeluarkan juga lebih hemat.

Perkembangan teknologi informasi dan juga internet di era globalisasi ini sangat tinggi dan semakin luas. Dengan adanya teknologi yang terhubung secara online tanpa ada batas waktu dan tempat, sehingga keduanya banyak diterapkan dalam bisnis di perusahaan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah untuk pemasaran, dengan menggunakan teknologi yang ada, aktivitas pemasaran pada perusahaan menjadi lebih mudah dan lebih luas jangkauannya. Tidak hanya untuk perusahaan saja yang mendapatkan manfaatnya tetapi para konsumen juga lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan mengenai jasa dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan lebih mudah untuk memesan dan membelinya.

Maka dari itu, penulis ingin membahas makalah ini yang berjudul “Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi” yang menjadi salah satu topik pembahasan penulis. Penulis berusaha menyusun makalah ini semenarik mungkin agar para masyarakat khususnya mahasiswa dan pelajar lainnya dapat menyukai makalah ini. Sehingga mahasiswa dapat mengenal dan mengerti serta dapat menambah wawasan dalam berbisnis tentunya dalam bidang teknologi informasi.

1.2 Batasan Masalah

Penulis ingin membatasi masalah apa saja yang akan dibahas pada makalah ini, sehingga informasi yang ditampilkan jelas dan akurat. Oleh sebab itu penulis ingin membahas mengenai:

1.      Definisi Umum Bisnis?

2.      Jenis Bisnis Informatika?

3.      Perkembangan Bisnis Informatika?

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan dari pembuatan makalah ini ialah:

1.         Untuk memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis informatika yang bermuatan softskill.

2.         Mengajak para mahasiswa dalam menjalankan bisnis yang baik dan benar khususnya bisnis dalam teknologi informasi.

 


BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1 Definisi Umum

2.1.1  Bisnis

Bisnis diambil dari bahasa inggris yaitu “ Business “ yang artinya kesibukan. Dalam konteks entitas bisnis merupakan suatu organisasi atau badan lain yang bergerak dalam kegiatan komersial, profesional, atau industri, untuk memperoleh keuntungan. Dari penjelasan tersebut dapat kita pahami bahwa penggunaan kata “bisnis” dapat merujuk pada tiga hal, tergantung lingkupnya, yaitu:

  • Badan Usaha, yaitu kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
  • Sektor pasar tertentu, misalnya pasar modal.
  • Seluruh aktivitas pada komunitas produsen barang dan jasa.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu bisnis, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

  1. Hughes dan Kapoor

Menurut Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

  1. Brown dan Pretello

Menurut Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

  1. Jeff Madura

Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

  1. L. R. Dicksee

Menurut L. R. Dicksee, definisi bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

2.1.2  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasiTeknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

2.1.3         Bisnis Informatika

Bisnis Informatika merupakan kegiatan jual beli barang atau jasa yang terkait dengan unsur atau bantuan teknologi informasi baik dalam proses atau material yang ditawarkannya. Hal ini bisa berupa proses bisnis yang didukung oleh sistem informatika, atau kegiatan jual beli perangkat informatika itu sendiri. Kegiatan ini bertujuan untuk mendatangkan keuntungan bagi pelaku atau pengguna jasa bisnis, dapat dijalankan oleh individu atau kelompok.

2.2. Jenis Bisnis Informatika

1. Bisnis (e-commerce)

E-Commerce merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli suatu barang dan jasa dengan bantuan internet, atau dengan kata lain menggunakan bantuan elektronik. Sekarang ini banyak sekali web-web penyedia e-commerce seperti http://www.kaskus.us , tokobagus.com ,dll. Dengan adanya e-commerce kita tidak perlu jauh-jauh pergi ketempat toko barang yang kita inginkan, tetapi cukup duduk manis dirumah dan pesan barang yang di inginkan. Tentu bisnis seperti ini juga memiliki kelemahan yaitu kita harus terhubung dengan internet, selain itu barang yang dilihat di foto belum tentu sama seperti yang diharapkan.

2. Software House

Software House ( pembuatan software sesuai permintaan ) adalah Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security camera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).

3. IT Consultant

IT Consultant menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.

4. Infrastruktur Komputer

Infrastruktur Komputer adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.

2.3. Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia

Bisnis Informatika pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 sebagai perdagangan elektronik pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu website) Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 miliar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat triliun dolar US pada tahun 2011.

Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan Electronic Data Interchange (EDI) untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.

Kemudian berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat "perdagangan web" - pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web, dengan protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.

Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa perdagangan elektronik akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini. Di Indonesia cikal bakal toko online muncul pada tahun 1999 saat Andrew Darwis mendirikan sebuah forum bernama Kaskus yang juga menjadi forum jual beli. Selanjutnya, Bhinneka.com berdiri dan menjadi tempat jual beli juga di tanah air.

Menyadari pertumbuhan transaksi online yang berkembang dengan cepat, pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan untuk membuat draft UU e-commerce. 4 tahun berselang, Tokobagus.com berdiri. Ekosistem toko online yang semakin banyak membuat Doku diluncurkan sebagai layanan uang elektronik.

Dua tahun kemudian, Tokopedia berdiri. Hype e-commerce semakin berkembang saat Go-jek didirikan pada tahun 2010 sebagai layanan transportasi online serta didirikannya Bukalapak. Hingga kini, Tokopedia dan Go-jek terus berinovasi dan telah menjadi perusahaan yang memiliki pengaruh besar pada ekonomi tanah air.

Kemudian ulai bermunculan perusahaan-perusahaan e-commerce yang bergerak di berbagai bidang seperti Tiket.com yang berdiri pada tahun 2011. Setahun kemudian, giliran Traveloka dan idea yang berdiri serta diadakannya Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).

Di tahun 2014, Tokopedia mencetak sejarah dengan mendapatkan kucuran dana sebesar US$ 100 juta dan menjadi yang terbesar dalam sejarah e-commerce. Namun, rekor ini dikalahkan juga oleh Tokopedia pada tahun 2017.

Ada banyak pemain baru atau lama di dunia e-commerce Indonesia. Di tahun 2015, Tokobagus dan Berniaga memutuskan untuk melebur menjadi satu dibawah nama OLX yang berfokus pada jual beli barang second.

Hingga kini, sudah tidak terhitung ada berapa banyak e-commerce atau layanan uang elektronik yang muncul. Pertumbuhan mereka diprediksi akan terus bertumbuh hingga angka yang sangat tinggi sehingga mendukung bertumbuhnya ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1 Kesimpulan

Bisnis adalah suatu kegiatan atau organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Dari makalah ini, dapat disimpulkan bahwa dunia bisnis tidak terpaku hanya untuk satu bidang, bisnis dapat dikolaborasikan dengan berbagai bidang sehingga dapat menghasilkan hasil yang maksimal sesuai keinginan kita tentunya. Untuk contoh seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu e-commerce, e-commerce adalah suatu jenis bisnis hasil kolaborasi antara bisnis dan teknologi informasi. Kelebihan menggunakan e-commerce adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses pemasaran, meningkatkan daya saing perusahaan, menggantikan konsep manual, pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah, memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya, dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu. Tak hanya e-commerce ada pun jenis bisnis informatika lainnya yaitu Software House, IT Consultant dan Infrastuktur Komputer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Heal. (2017). Perkembangan Bisnis Informatika di https://syifasalsabyla.wordpress.com/2017/10/26/perkembangan-bisnis-informatika/

(di akses 10 Oktober 2020)

           

Shineesa. (2014). Definisi TIK dan Bisnis Informatika di https://shineesa.wordpress.com/2014/10/30/definisi-bisnis-tik-dan-bisnis-informatika/ (di akses 10 Oktober 2020)

 

Ningrum, A.T.A. (2017). Bisnis Informatika dan Perkembangannya di Indonesia dan di Dunia di https://alentriana.wordpress.com/2017/10/18/bisnis-informatika-dan-perkembangannya-di-indonesia-dan-di-dunia/ (di akses 10 Oktober 2020)

 

Commeta. (2016). Pengaruh dan Peranan TI Terhadap Perkembangan Bisnis Online di Indonesia di http://commeta.co.id/pengaruh-dan-peranan-ti-terhadap-perkembangan-bisnis-online-di-indonesia/ (di akses 10 Oktober 2020)

 

Setianto, A. (2013). Pengantar Bisnis Informatika di http://arifsetianto21.blogspot.com/2013/12/pengantar-bisnis-informatika-e-commerce.html (di akses 10 Oktober 2020)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MASALAH PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP