MAKALAH PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
TUGAS MAKALAH
PENGANTAR
BISNIS INFORMATIKA
KONSEP
DASAR BISNIS INFORMATIKA dan PROSPEK BISNIS di
BIDANG
TEKNOLOGI INFORMASI
Disusun Oleh :
1. Aditya Cahya Putra (50417165)
2.
Afni Restiana Putri D (50417237)
3.
Andri Adiansyah (50417724)
4.
Henry Stephanus S (52417737)
5.
Ignasius Dewanto Indra J (52417816)
6.
Ressa Adelia Puspita T (55417064)
7.
Taufan Priambudi (55417898)
4IA18
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas
limpahan rahmat dan anugrah dari-Nya. Kami dapat menyelesaikan makalah tentang Konsep Dasar Bisnis Informatika dan
Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi. Makalah ini dibuat sebagai penilaian atas tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika.
Kami sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan
makalah yang menjadi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis
Informatika, dengan judul Konsep
Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi.
Disamping itu, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Ibu Dosen Wiwied Widyaningsih yang telah memberikan arahan kepada kami dalam pembuatan makalah ini sehingga dapat
terealisasikanlah makalah ini.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi para pembaca. Kami sadar,
makalah yang kami buat
ini masih banyak terdapat kekurangannya. Oleh
karena itu kami mengharapkan
kritik dan saran dari para pembaca terhadap makalah ini agar kedepannya
dapat kami perbaiki menjadi yang lebih baik lagi
Bekasi, 9 Oktober 2020
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PEMBAHASAN3
2.1.2 Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)4
2.3 Perkembangan Bisnis Informatika Di Indonesia dan Dunia5
BAB III PENUTUP8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada saat ini kita hidup di era
modern, semua hal dalam kegiatan kita sehari-hari tidak bisa terlepas dari
teknologi, seperti menonton baik dengan tv, laptop ataupun hp, membayar tagihan
bulanan (listrik, telepon, internet) dan kegiatan lain-lainnya. Begitu banyak
kemudahan-kemudahan dan manfaat dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang kita peroleh. Kemajuan teknologi juga banyak dimanfaatkan oleh para
pebisnis dalam menjalankan perusahaan-perusahaan mereka untuk mempromosikan dan
menjual produknya, sehingga memperoleh keuntungan. Dan saat ini yang sangat
dirasakan manfaatnya adalah kemudahan dalam berbelanja, dengan adanya bisnis
online shop, proses jual beli menjadi sangat mudah, kita tidak perlu lagi harus
repot-repot pergi ke pertokoan untuk mendapatkan produk yang diinginkan, cukup
dengan modal hp dan jaringan internet saja, maka kita sudah dapat berbelanja
segala kebutuhan kita. Selain efisien waktu, biaya yang dikeluarkan juga lebih
hemat.
Perkembangan teknologi informasi dan juga internet di
era globalisasi ini sangat tinggi dan semakin luas. Dengan adanya teknologi
yang terhubung secara online tanpa ada batas waktu dan tempat, sehingga
keduanya banyak diterapkan dalam bisnis di perusahaan dalam berbagai bidang.
Salah satunya adalah untuk pemasaran, dengan menggunakan teknologi yang ada,
aktivitas pemasaran pada perusahaan menjadi lebih mudah dan lebih luas
jangkauannya. Tidak hanya untuk perusahaan saja yang mendapatkan manfaatnya
tetapi para konsumen juga lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan
mengenai jasa dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan lebih mudah untuk
memesan dan membelinya.
Maka dari itu, penulis ingin membahas makalah ini yang
berjudul “Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang
Teknologi Informasi” yang menjadi salah satu topik pembahasan penulis. Penulis
berusaha menyusun makalah ini semenarik mungkin agar para masyarakat khususnya
mahasiswa dan pelajar lainnya dapat menyukai makalah ini. Sehingga mahasiswa dapat
mengenal dan mengerti serta dapat menambah wawasan dalam berbisnis tentunya
dalam bidang teknologi informasi.
1.2 Batasan Masalah
Penulis ingin membatasi masalah apa
saja yang akan dibahas pada makalah ini, sehingga informasi yang ditampilkan
jelas dan akurat. Oleh sebab itu penulis ingin membahas mengenai:
1. Definisi Umum
Bisnis?
2. Jenis Bisnis
Informatika?
3. Perkembangan Bisnis
Informatika?
1.3 Tujuan
Penulisan
Tujuan penulisan dari pembuatan
makalah ini ialah:
1. Untuk memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis
informatika yang bermuatan softskill.
2. Mengajak para mahasiswa dalam
menjalankan bisnis yang baik dan benar khususnya bisnis dalam teknologi
informasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi Umum
2.1.1 Bisnis
Bisnis diambil dari bahasa inggris
yaitu “ Business “ yang artinya kesibukan. Dalam konteks entitas bisnis
merupakan suatu organisasi atau badan lain yang bergerak dalam kegiatan
komersial, profesional, atau industri, untuk memperoleh keuntungan. Dari
penjelasan tersebut dapat kita pahami bahwa penggunaan kata “bisnis” dapat
merujuk pada tiga hal, tergantung lingkupnya, yaitu:
- Badan
Usaha, yaitu kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis untuk
mencari keuntungan.
- Sektor pasar tertentu,
misalnya pasar
modal.
- Seluruh aktivitas pada
komunitas produsen barang
dan jasa.
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
Agar lebih memahami apa itu
bisnis, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:
- Hughes dan Kapoor
Menurut Hughes dan Kapoor,
definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk
menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam
memenuhi kebutuhan masyarakat.
- Brown dan Pretello
Menurut Brown dan Pretello,
pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang
dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang
dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.
- Jeff Madura
Menurut Jeff Madura, pengertian
bisnis adalah perusahaan yang
menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.
- L. R. Dicksee
Menurut L. R. Dicksee, definisi bisnis
adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh
keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam
terjadinya aktivitas tersebut.
2.1.2 Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi
Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi
yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk
memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi
informasi dan teknologi
komunikasi. Teknologi informasi meliputi
segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah
segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan
mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Teknologi Informasi
dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait
dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya
perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan
teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.
2.1.3
Bisnis Informatika
Bisnis
Informatika merupakan kegiatan jual beli barang atau jasa yang terkait dengan
unsur atau bantuan teknologi informasi baik dalam proses atau material yang
ditawarkannya. Hal ini bisa berupa proses bisnis yang didukung oleh sistem
informatika, atau kegiatan jual beli perangkat informatika itu sendiri.
Kegiatan ini bertujuan untuk mendatangkan keuntungan bagi pelaku atau pengguna
jasa bisnis, dapat dijalankan oleh individu atau kelompok.
2.2. Jenis
Bisnis Informatika
1. Bisnis (e-commerce)
E-Commerce
merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli suatu barang dan jasa
dengan bantuan internet, atau dengan kata lain menggunakan bantuan elektronik.
Sekarang ini banyak sekali web-web penyedia e-commerce
seperti http://www.kaskus.us , tokobagus.com ,dll. Dengan
adanya e-commerce kita tidak perlu
jauh-jauh pergi ketempat toko barang yang kita inginkan, tetapi cukup duduk
manis dirumah dan pesan barang yang di inginkan. Tentu bisnis seperti ini juga
memiliki kelemahan yaitu kita harus terhubung dengan internet, selain itu
barang yang dilihat di foto belum tentu sama seperti yang diharapkan.
2. Software
House
Software House ( pembuatan software sesuai
permintaan ) adalah Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang
bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/selling
products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE:
program security camera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan
sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware
yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan,
tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
3. IT Consultant
IT Consultant menangani konsultasi di bidang IT,
meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur
dan efisiensi dalam sistem IT.
4. Infrastruktur Komputer
Infrastruktur Komputer adalah
bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer,
seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
2.3. Perkembangan
Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Bisnis Informatika pertama
kali diperkenalkan pada tahun 1994 sebagai perdagangan elektronik pada saat
pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di
suatu website) Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan
penjualan seharga AS$12,2 miliar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada
bulan oktober 2006 lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan
akan mencapai seperempat triliun dolar US pada tahun 2011.
Istilah "perdagangan elektronik"
telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti
pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan Electronic Data Interchange (EDI) untuk mengirim dokumen komersial
seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian berkembang menjadi
suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat "perdagangan
web" - pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web, dengan protokol server khusus yang menggunakan
enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di
masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa perdagangan
elektronik akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat
tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak
digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan
situs web perdagangan ini. Di Indonesia cikal bakal toko online muncul pada tahun 1999 saat Andrew Darwis mendirikan sebuah
forum bernama Kaskus yang juga menjadi forum jual beli. Selanjutnya,
Bhinneka.com berdiri dan menjadi tempat jual beli juga di tanah air.
Menyadari pertumbuhan
transaksi online yang berkembang dengan cepat, pemerintah Indonesia akhirnya
memutuskan untuk membuat draft UU e-commerce.
4 tahun berselang, Tokobagus.com berdiri. Ekosistem toko online yang semakin
banyak membuat Doku diluncurkan sebagai layanan uang elektronik.
Dua tahun kemudian, Tokopedia berdiri. Hype e-commerce semakin berkembang saat
Go-jek didirikan pada tahun 2010 sebagai layanan transportasi online serta
didirikannya Bukalapak. Hingga kini, Tokopedia dan Go-jek terus berinovasi dan
telah menjadi perusahaan yang memiliki pengaruh besar pada ekonomi tanah air.
Kemudian ulai bermunculan
perusahaan-perusahaan e-commerce yang
bergerak di berbagai bidang seperti Tiket.com yang berdiri pada tahun 2011.
Setahun kemudian, giliran Traveloka dan idea yang berdiri serta diadakannya
Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).
Di tahun 2014, Tokopedia mencetak sejarah
dengan mendapatkan kucuran dana sebesar US$ 100 juta dan menjadi yang terbesar
dalam sejarah e-commerce. Namun,
rekor ini dikalahkan juga oleh Tokopedia pada tahun 2017.
Ada banyak pemain baru atau
lama di dunia e-commerce Indonesia.
Di tahun 2015, Tokobagus dan Berniaga memutuskan untuk melebur menjadi satu
dibawah nama OLX yang berfokus pada jual beli barang second.
Hingga kini, sudah tidak
terhitung ada berapa banyak e-commerce
atau layanan uang elektronik yang muncul. Pertumbuhan mereka diprediksi akan
terus bertumbuh hingga angka yang sangat tinggi sehingga mendukung bertumbuhnya
ekosistem ekonomi digital di Indonesia.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Bisnis adalah suatu kegiatan
atau organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis
lainnya, untuk mendapatkan laba. Dari makalah ini, dapat disimpulkan bahwa
dunia bisnis tidak terpaku hanya untuk satu bidang, bisnis dapat dikolaborasikan
dengan berbagai bidang sehingga dapat menghasilkan hasil yang maksimal sesuai
keinginan kita tentunya. Untuk contoh seperti yang sudah dijelaskan di atas
yaitu e-commerce, e-commerce adalah
suatu jenis bisnis hasil kolaborasi antara bisnis dan teknologi informasi.
Kelebihan menggunakan e-commerce
adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses pemasaran,
meningkatkan daya saing perusahaan, menggantikan konsep manual, pertukaran data
atau informasi jadi lebih mudah, memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan
pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat
tinggalnya, dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga
menguntungkan bagi intitusi itu. Tak hanya e-commerce
ada pun jenis bisnis informatika lainnya yaitu Software House, IT Consultant dan Infrastuktur Komputer
DAFTAR
PUSTAKA
Heal. (2017). Perkembangan Bisnis Informatika di https://syifasalsabyla.wordpress.com/2017/10/26/perkembangan-bisnis-informatika/
(di akses 10 Oktober 2020)
Shineesa. (2014). Definisi TIK dan Bisnis Informatika di https://shineesa.wordpress.com/2014/10/30/definisi-bisnis-tik-dan-bisnis-informatika/ (di akses 10 Oktober 2020)
Ningrum, A.T.A. (2017). Bisnis Informatika dan Perkembangannya di Indonesia dan di Dunia di
https://alentriana.wordpress.com/2017/10/18/bisnis-informatika-dan-perkembangannya-di-indonesia-dan-di-dunia/
(di akses 10 Oktober 2020)
Commeta. (2016). Pengaruh dan Peranan TI Terhadap Perkembangan
Bisnis Online di Indonesia di http://commeta.co.id/pengaruh-dan-peranan-ti-terhadap-perkembangan-bisnis-online-di-indonesia/ (di akses 10 Oktober 2020)
Setianto, A. (2013). Pengantar Bisnis Informatika di http://arifsetianto21.blogspot.com/2013/12/pengantar-bisnis-informatika-e-commerce.html
(di akses 10 Oktober 2020)
Komentar
Posting Komentar